Minggu, 09 Juni 2013

JR 4 " Bootstrapping "

         Istilah Bootstrapping itu sebenarnya kalau dirunut asalnya dari abad 19, Frase tersebut erat kaitanya dengan semangat kemandirian yang kala itu bergema di penjuru Amerika Serikat. Dalam dunia bisnis sendiri Bootstrapping lebih condong ke jenis devinisi. Bootstrapping ditemui dalam bisnis baru dapat menumbuh dengan sukses meskipun dengan modal yang terbatas, dan entrepreneur semacam itu bisa kita sebut "Bootstrapper". Bootstrapping ini memiliki banyak aspek seperti sejumlah strategi dan tehnik yang melengkapi semua fungsi pengelolaan bisnis, baik dari pemasaran,Staf,Inventaris hingga manajemen produk dan pengelolaan kas,proses administrasi dan sebagainya.
            Bootstrapping adalah suatu  cara cerdas dalam berbisnis hemat yang mana metode ini sangat dibutuhkan oleh seorang pemula bisnis yang mengalami kendala permodalan dalam berbisnis. Bootstrap dalam arti luas  bisa diartikan sebagai cara lain untuk mengembangkan ide bisnis dengan cara mengumpulkan modal baik dari uang pribadi maupun dari teman ataupun saudara.  Disini bisa saya kembangkan dalam usaha saya,  sehingga dalam memulai usaha nantinya kita tidak mengalami kendala yang bisa perkiraakan.
         Bagi seorang pemula usaha ini diperlukan sebuah batu loncatan agar bisa mendukung dalam prospek yg ada. Usaha yang saya jalankan nantinya akan membutuhkan sistem ini secara penuh. Dalam pengadaan barang nantinya saya sangat membutuhkan peran serta dari petani yang mana untuk memenuhi permintaan barang secara cepat. Jika saya ingin membuka bisnis penyalur buah segar,  ini bukan berarti saya akan menanam dulu buahnya lalu dipasarkan, melainkan kita bisa bekerja sama dengan tengkulak dan juga petani untuk memenuhi permintaan yang ada. dengan menerapakan sistem ini tentunya kita akan lebih mudah dalam pengelolaan bisnis yang ada.
Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bagaimanakah penerapan sistem Bootstrapping ini kedalam pengelolaan usaha bagi seorang pemula usaha.

                                                                            Salam Entreprenuer Indonesia
                                                                           
                                                                                      Nayla Ipunk

      
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar