Minggu, 05 Mei 2013

JR 3 " SWOT Analysis for bussiness location "


               Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategi yang di gumnakan untuk mengevaluasi kekuatan ( Strengths) Kelemahan (Weaknesses ) Peluang (Opportunites) dan Ancaman ( Threats ) dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis. Keempat faktor itu yang membentuk akronim SWOT. Proses ini melibatkan penetuan tujuan yang specifik dan spekulasi bisnis atau proyekdan mengidentifikasikan faktor internal dan eksternal yang mendukung. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilahkan berbagai hal yang mempengaruhi ke empat faktornya. Kemudian menerapkannya dengan gambar matrix SWOT. Dimana aplikasinya adalah kekuatan ( Strenghts) mampu mengambil keuntungan ( Advantage ) dari peluang (Opportunities ) selanjutnya bagaimana kekuatan ( Strenghts ) menghadapi ancaman( Threats ) yang ada. Dan terakhir adalah bagaimana mengatasi kelemahan (Weaknesses ) yang mampu membuat ancaman menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru. Tehnik ini dibuat oleh ALBERT HUMPHREY yang memimpin proyek riset pada UNIVERSITAS STANFORD pada dasawarsa 1960an dan 1970an.dengan menggunakan data dari perusahaan FORTUNE 500 (i).
Adapun tujuan SWOT itu sendiri dapat kita lihat diantaranya :
1.  Menanfaatkan keuntungan dari kekuatan yang    dimiliki dan kesempatan yang ada.
2.  Meminimalisasi kelemahan dan mengeliminasi ancaman. Dengan berdasarkan analisis SWOT ini saya ingin menerapkan dalam usaha yang akan jalankan. Dalam mendirikan sebuah usaha LOKASI adalah faktor utama dalam perkembangan usaha. Karena dengan menentukan lokasi usaha yang prima maka usaha yang kita jalankan bisa berkembang . Untuk membuka sebuah usaha tentunya kita akan melihat tentang faktor lingkungan setempat. Dan juga lokasi usaha harus sesuai dengan konsumen yang hendak di bidik. Kita ambilkan contoh di daerah tempat saya tinggal secara dominan mata pencaharian penduduknya dalam bidang agribisnis. Disini saya menemukan sebuah kesempatan dan juga peluang untuk mendirikan usaha yang ternyata sesuai dengan lokasi yang tempati . Saya sangat tertarik untuk menjadi agen penyalur buah lokal,selain saya sudah mengenal dari segi lokasi saya juga sudah mengenal tentang bisnis ini dari keluarga . Secara otomatis bisnis yang pernah kita geluti sebelumnya kita telah tau cara pengelolaannnya.  Tapi dengan adanya analisa SWOT ini tentunya akan sangat membantu saya untuk menentukan srategi yang tepat dalam memilih lokasi. Dalam usaha bisnis buah segar  kita membutuhkan area yang cukup luas untuk menampung buahdan juga tempat yang cukup teduh. Karena buah yang berkwalitas adalah buah yang terjaga kesegarannya dan juga bentuknya yang sempurna. Dalam usaha ini diperlukan strategi penjualan secara cepat karena semakin cepat buah ini dipasarakan maka kita tidak akan menanggung penyusutan barang dan juga pemilihan buah yang kurang baik kwalitasnya.
 Secara garis besar dalam strategi SWOT yang di terapkan di bidang usaha yang sesuai dengan pengembangannya ini akan mencegah beberapa kemungkinan ancaman yang akan kita hadapi nantinya. Seorang calon pengusaha yang benar benar handal meraka akan tau bagaimana tentang pengendalian yang berdampak besar sebelum dan setelah usaha itu berjalan. Selamat bertamasya di Dunia Wirausaha Indonesia


          Salam Entrepreneur
 

                                                                                     Nayla Ipunk 
 


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar