Jumat, 19 April 2013

JR 2 " Innovation and Opportunity "

    Perpaduan budidaya agribisnis


       
 
Indonesia adalah negara agriculture yang merupakan negara yang kaya akan hasil bumi. Karena pertumbuhan agribisnis di Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi suatu bangsa dalam usaha pemanfaatan lahan dan juga pengolahan pangan. Disini saya tertarik dengan budidaya buah local .
Buah lokal disini selain mudah di temukan dan juga pemasaranya tergolong mudah karena dengan harga yang mudah terjangkau, buah merupakan susunan makan sehat yang harus dipenuhi dalam 4 sehat 5 sempurna. Buah lokal bisa ditanam di area yang luas atau juga bisa dibudidayakan sebagai tanaman rumahan. Selain untuk dikonsumsi secara pribadi buah lokal juga bisa di manfaatkan sebagai sumber pendapatan. Jikitmengelola dalam jumlah  yang besar ini juga merupakan lahan bisnis yang sangat menguntungkan. Sekarang ini produk buah impor begitu gencar dipasaran.Sebagian besar pasar buah didominasikan oleh produk buah impor. terutama di supermarket . Dan bagaimana kita mempertahankan produk buah lokal ini adalah dengan jalan strategi bisnis yang kuat agar buah lokal mampu menyaingi produk buah impor.
           Serangkaian kegiatan bisnis ini  juga saling berkaitan dengan satu sama yang lain. Ada hal yang perlu diperhatikan dalam hal bisnis ini adalah bagaimana kita akan mendapatkan barang tersaebut. Apakah kita akan menanam sendiri atau dengan memberi produk buah dari petani. Apabila kita ingin menanam kita membutuhkan strategi tempat yang sangat luas . Jika kita memilih untuk pengadaan barang dari petani secara langsung berarti kita perlu kejelian dalam memilih produk yang akan kita pasarkan. Karena dengan  pengadaan barang yang berkwalitas tentunya akan mudah kita dalam pemasaran dan kita akan mempunyai prospek yang cerah.
             Disini ada ketertarikan  tersendiri dalam berbisnis buah lokal. Daerah yang saya tempati adalah didominasikan dengan area agribisnis yang sangat besar. Hanya saja dari kalangan masyarakat di daerah kami hanya  memasarkan ke pasar tradisional  karena dengan keterbatasan tentang strategi bisnis yang ada dan juga mayoritas penduduk hanya di manfaatkan untuk konsumsi pribadi. Dan disini saya menemukan sebuah ide bisnis dalam pengembangan agrobisnis ini. Apabila produk yang ada pada masyarakat ini kita kembangkan menjadi produk pemasaran secara luas kita juga akan dapat menemukan sebuah inovasi tentang pengolahan pangan yang mempunyai nilai jual yang berbeda.
Buah jeruk disini sangat banyak di tanam oleh para petani yang jumlahnya sangat luas sehingga mempunyai nialai bisnis yang sangat tinggi . Selain bisa kita jual dalam bentuk buah segar juga bisa kita jual ke pabrik pengolahan minuman ini juga akan membuahkan produk yang berbeda. Selain buah jeruk di daerah kami juga sangat banyak sekali tentang jenis buah  lokal  yang lain diantaranya  rambutan, nanas, durian dan lain sebagainya.
            Ada beberapa inovasi yang akan saya kembangkan nantinya antara lain pemberian label atau pengepakan secara pribadi . Ini bertujuan untuk memperkenalkan produk kita kepada konsumen agar produk kita juga tak kalah hebatnya dengan produk impor. Dengan memakai label dan pengepakan ini juga akan menambah  nilai jual.

 Selain itu kita juga bisa mensuplay pabrik pembuatan minuman sari buah siap saji atau aneka makanan dari buah. Ini adalah suatu inovasi yang sangat jitu untuk menembus pasaran . Karena dengan ,mengadakan perubahan seperti ini tentunya akan membuat permintaan penyediaan  buah menjadi meningkat.
 Ada beberapa cara lain untuk meningkatkan suatu pemasaran yang cepat yaitu dengan mensuplay para pedangan kaki lima atau pengecer.cara ini tentunya juga bisa kita lakukan. karena semakin cepatnya pemasaran akan terjaga kwalitas kesegarannya. Karena buah akan dibutuhkan setiap orang.
 

   Seorang entrepreneur harus bisa mencari peluang. Maka pengembangan inovasi dalam dunia usaha adalah kunci dari keberhasilan. Selamat berinovasi dan selamat berwirausaha

                                                                                    Salam entrepreneur
                                                                                       Nayla ipunk     

1 komentar:

  1. good idea mbak nayla, terus ber inovasi. semoga sukses !!! amin

    BalasHapus