Senin, 17 Juni 2013

JR 5 " Penerapan 5R dalam usaha bisnis ritel "

         5R atau yang biasa kita sebut dengan Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin Ini adalah suatu cara untuk meningkatkan suatu produktifitas dengan melakukan kegiatan menata tempat kerja. Karena lingkungan kerja yang nyaman dan teratur, dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas yang tinggi dalam perusahaan.
         Dalam bahasa Jepang perbaikan Lingkungan kerja dan produktiviatas karyawan ini bisa disebut "KAIZEN ". Kai yang artinya adalah " Perubahan" dan Zen artinya adalah " Baik ".
Kaizen merupakan sistem pengembangan produktifitas, kualiatas,teknologi, proses produksi,budaya kerja,keamanan kerjadan kepemimpinanyang dilakukan terus menerus. 5R ini adalah etos kerja orang Jepang. Karena selam ini negara Jepang dikenal didunia yang memiliki etos kerja yang hebat 5R ini dapat kita artikan sebagai berikut,
1. Ringkas atau dalam bahasa Jepang bisa kita sebut " Seiri"
Prinsip kerja ini merupakan prinsip pemilahan barang. Sering kali kita jumpai lingkungan kerja dengan kondisi barang yang tidak tertata rapi dan terkesan semrawut,ini akan mepersulit kita dalam penggunaannya dan juga kurangnya efisiensi dalam penggunaannya. Dari fase ini dapat kita ambil kesimpulan bahwa barang yang akan kita gunakan seharusnya kita letakkan dan kita rapikan agr mudah terlihat dan juga akan menghemat waktu untuk menemukan barang tersebut. adabeberapa pertimbangan dalam kata ringkas ini antara lain frekuensi penggunaan batrang dan fungsi kerja barang.
2. Rapi dalam bahasa Jepang disebut " Seiton "
Rapi ini merupakan fase kerja kedua dalam prinsip kerja 5R.Setelah barang barang tersebut ringkaskan kemudian di rapikan dengan tempat penyimpanan dan juga standart penyimpanannya. Dalam prinsipnya akan mempermudah kitya dalam pencarian barang yang sudah terletak pada tempatnya. Dan juga akan mempermudah stock counting barang yang sesuai dengan standart penyimpannnya dan juga akan terlihat rapi.Adapaun hal hal yang perlu dikerjakan diantaranya hilangkan barang barang yang terhampar dilantai dan tata barangbaran hingga mudah ditemukan.
3. Resik atau dalam bahasa Jepang sering disebut " Seiso "
Sesuai dengan namanya resik berarti adalah kebersihan baik pada barang m,aupun pada lingkungan. Dengan melakukan 5R yang ke tiga ini kita dapat mengambil keuntungan seperti lingkungan kerja yang bersih , meningkatkan mood kerja, kualitas barang akan lebih terjaga dan juga dapat meningkatkan image dalam perusahaan.
4. Rawat atau dalam bahasa Jepang sering disebut dengan " Seiketsu "
Rawat dimaksudkan agar masing masing individu dapat menerapkan secara kontinyu dari ketiga prinsip sebelumnnya. Dalm fase ini dilakukan pengawasan terhadap pelaksanaan 3R sebelumnnya. slah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan checklist terhadap pekerjaan yang harus dilakukan.Palaksanaan fase ini bertujuan agar lingkungan kerja selalu terjaga dan teratur.
5.Rajin atau dalam bahasa jepangnya biasa kita sebut sebagai "Shitsuke "
Prinsip yang terakhir ini mengarah kepada kesadaran individu secara konsisten. Hal tersebut diharapkan secara disiplin oleh masing masing individu meskipun tanpa pengawasan.
       Manfaat dari penerapan ini sangat berdampak besar pada sebuah perusahaan atau bisnis yang akan kita jalani nantinya. Diantara manfaat itu adalah dapat meningkatkan image perusahaan, peningkatan sense of belonging karyawan, efisiensi, mengurangi waste, tempat kerja menjadi luas, peralatan multi fungsi, satu untuk semua dan masih banyak lagi keuntungannya. Maka dari itu kinerja yang bagus berawal dari tempat yang nyaman dan kita sukai dan akhirnya terciptalah suasana yang menyenangkan dalam bekerja.

                                                                          Salam Entrepreneur

                                                                              Nayla Ipunk

        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar