Rabu, 19 Februari 2014

JR 1 T100 " Growth mindset "

Pembelajaran yang luar biasa,..  Dalam pembelajaran ini membuat pemikiran saya tentang entrepreneur semakin mantang, seperti hal nya yang dikatakan oleh para narasumber yang sudah lebih dari 100 kali dalam pengembanagn bisnis mereka. Masih saya inget sebuah kata kata yang sangat memacu semangat saya yaitu " Jangan berjalan ditempat ". kenapa demikian? Karena bagi seorang entrepreneur adalah mengembangkan usahanya terus tumbuh dan tumbuh. Tentunya hal tersebut tidaklah mudah semua harus diikuti dengan keinginan yang sungguh sungguh.
     kemudian dari pada itu untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses dia harus selalu berinnovasi terhadap usahanya. Karena jika kita selalu dalam Comfort Zone ini akan sangat sulit bagi kita untuk tumbuh. Dalam artinya begini, kita selalu mudah puas dengan apa yang kita raih saat ini, jadi intinya kita tidak ada keinginan untuk menumbuhkan usahanya. Jadi dalam pengembangan bisnis atau  yang biasa kita sebut dengan Scale Up, ini sangatlah dibutuhkan yaitu tentang pertumbuhan mindset.
      Jika kita memahami tentang Scale up business ini semua berawal dari diri kita dan juga mindset kita. Dengan demikan Tumbuhkan keinginan dalam hidup kita. Cari tau tentang wawasan yang berkaiatan usaha anda. Gali terus informasinya dan juga pelajari ilmunya sehingga kita tau bagaimana usaha orang lain itu terus tumbuh dan berkembang, Dengan kita menggali informasi usaha yang akan kita kembangkan akan banyak sekali hal- hal yang baru yang akan kita temukan, misalnya darimana sumber itu ditemukan , bagaimana cara pemasarannya dan kepada siapa kita akan memasarkan, semuanya akan kembali lagi yaitu dengan Tekad yang sungguh sungguh. Karena orang yang berhasil karena mereka yang menentukan. Kita berprestasi karena kita yang menentukan. Keberhasilan tidak datang dengan tiba tiba , tapi dengan niat dan keinginan yang kuat dan diterapkannya dengan benar dan bersungguh- sungguh.

        Dalam pembelajaran T100 bapak Nur agustinus telah menjelaskan bahwa Mindset dapat dibedakan menjadi  2 jenis yaitu ;
  1. Fixed mindset : yang dalam pengertiannya adalah orang yang mempunyai pemikiran yang semua selalu Perfect dan orang tersebut cenderung takut menghadapi kegagalan serta menganggap dirinya diciptakan seperti itu dan tidak bisa berubah, Orang yang  mempunyai sifat fixed mindset ini orangnya takut dalam menghadapi tantangan, dan mudah menyerah, selalu mengabaikan kritikan dari orang lain, selalu memilih pekerjaan yang mudah dan selalu berusaha membela diri jika menghadapi masalah, selain itu sering berbuat curang.
  2. Growth Mindset : Orang yang mempunyai sifat growth mindset adalah orang selalu belajar dari apa yang mereka kerjakan. Dan selalu ingin mencoba selain itu orang yang selalu ingin ditempa . Karena orang yang kuat dalam tempaan hidupnya adalah menjadikan orang tersebut semakin kuat dan semakin mudah untuk menghadapi masalahnya. Orang yang mempunyai sifat growth mindset adalah orang yang yakin bahwa dengan belajar semuanya akan berubah.Orang yang mempunyai sifat Growth mindset cenderung orang yang berani menerima kritikan dari orang lain dan selalu cenderung interuspeksi diri.
Jadi kesimpulan yang bisa saya ambil dalam pembelajaran ini adalah dengan perubahan yaitu dengan menjadi orang yang mempunyai Growth mindset, maka saya akan mempunyai keyakinan untuk menjadikan diri saya lebih maju dan sukses.Dan menjadikan diri saya lebih kuat dalam menghadapi tantangan untuk kemajuan hidup saya yang akan datang.  Semoga dengan refleksi yang saya sampaikan dapat menumbuhkan keyakinan kita semua menjadi manusia yang lebih berkualiatas.

Salam Entrepreneurs

Nayla Ipunk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar