Minggu, 16 Maret 2014

JR 2 T100 " Strategy to grow"

Pembelajaran minggu kedua ini membahas tentang strategi dalam pengembangan bisnis. Seringkali kita dengar bahwa dalam pengembangan bisnis adalah pengembangan yang harus dilakukan bagi seorang entrepreneur. Mungkin kita akan memahami lebih dalam yaitu apa saja yang perlu menjadi dasar dalam perkembangan bisnis. Seperti yang di sampaikan oleh bapak Dahlan iskan bahwa membangun sebuah kepercayaan bisa menjadi landasan kita untuk pengembangan bisnis dengan partner kita. Tak heran kenapa sekarang ini banyak sekali pengusaha selalu berusaha meningkatkan kualitas diri dari perusahaan. Perusahaan dikatakan berkembang apabila perusahaan itu sudah bisa menjalin Networks dengan baik. Ada juga faktor yang mendukung perkembangan bisnis yaitu mengubah bisnis model.
          Kemudian ada beberapa tantangan yang sangat berpengaruh dengan scale-up bisnis diantaranya adalah:
  • Access to Human Capital : Dalam scale-up human capital ini adalah batu sandung yang pertama. Karna dengan SDM yang mumpuni ini yang bisa memberikan tambah kepada bisnis.
  • Access to market : Pasar adalah tempat kita untuk mengembangkan usaha, karena market yang memiliki kondisi environment yang kondusif akan mendorong kita untuk scale-up.
  • Access to Capital : Akses kapital adalah masalah permodalan, pemodalan itu bagian yang sangat penting tapi ini juga harus didukung dengan  akses  human capital dan juga market yang baik.
Pak Ciputra mengatakan bahwa pelanggan adalah sumber informasi, sumber inspirasi dan juga inovasi. Jadi kita akan bisa lebih memahami bahwa pelanggan adalah essence kebijakan perkembangan dalam perusahaan yang harus dijaga dengan baik. Selain itu kita akan mengenal lagi yaitu tentang kunci penting seorang entrepreneurs adalah 
  • Peluang , peluang dapat kita ciptakan karena adanya masalah.
  • Solusi ,  solusi yang baik adalh solusi yang diinovasikan.
  • Resiko, seorang entrepreneurs harus bisa menghadapi resiko,yang bermula dari besar kita ubah menjadi sekecilnya bahkan meniadakannya.
Selain itu kita akan mengenal lagi yaitu proses perjalan  bisnis yaitu bermula dari sebuah permulaan atau bisa kenal yaitu kelahiran bisnis,  kemudian tahap berikutnya adalah tentang perkenalan bisnis dimana usaha ini udah mulai mengenal pasar. Tahap berikutnya adalah pertumbuhan bisnis, dalam tahap ini suatu bisnis mulai melalui titik impas atau usaha ini mulai mendapatkan keuntungan. kemudian tahap yang terakhir dalam bisnis adalah tahap kematangan tahapini ditandai dengan melambatnya perkembangan pasar tetapi pemasukan uang yang banyak. Dan tahap terakhir ini perlu kita waspadai yaitu adanya persaingan dalam bisnis jadi yang perlu kita persiapkan lagi adalah innovasi. Usaha akan selalu bertahan jika kita selalu berinovasi. Karena kunci seorang entreprenuers yang baik adalah tidak akan pernah berhenti dalm berinnovasi.
             Semoga pembelajaran ini membawa manfaat bagi saya dan menjadi tolok ukur dalam perkembangan bisnis yang akan saya jalankan nantinya. Terima kasih UCEO ilmu ini sangat bermanfaat sekali untuk saya, salam entrepreneurs.


Nayla Ipunk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar