Selasa, 18 Maret 2014

JR 4 T100 " Value Innovation "

Value Innovation atau yang sering kita kenal sebagai Nilai tambah dalam suatu usaha ini sangatlah penting bagi star up bisnis maupun scale up bisnis. Sering kita jumpai dalam pasar yaitu persaingan harga barang yang semakin ketat. Tetapi kenapa banyak sekali perusahaan yang masih mampu bertahan dan bahkan semakin berkembang pesat. Setiap usaha yang kita jalankan hendaknya mempunyai keunikan yang membedakan antara produk kita dengan yang lain. Value innovation ini bisa kita terapkan dalam suatu bidang usaha baik berupa produk dan jasa.
         Seperti hal nya yang telah dijelaskan oleh bapak Nur Agustinus dalam kuliah singkatnya, Bahwa Value Innovation tidaklah harus menambah beban beaya akan tetapi dengan mengurangi beaya tetapi bisa diterima oleh pasar. Bagi seorang entrepreneur penekanan beaya itu sangatlah disarankan dan mendapat keuantungan yang sebesar besarnya adalah sebagai harapan.
        Banyak sekali contohnya Value innovation yang diterapkan oleh perusahaan perusahaan dalam pengembangan usahanya. Saya telah mengamati yaitu tentang perkembangan Gadget, yg dulunya harus memakai keyboard sekarang udah memakai layar sentuh dan akhirnya sekarang ini marak disemua Gadget mengikutinya. Nah ini sebenarnya suatu Innovasi yang luar biasa. Karena dengan menghilangkan Keyboardnya dan dirubah menjadi Layar sentuh secara keseluruhan itu tidak merubah Fungsi akan tetapi banyak diminati oleh semua konsumen dikarenakan lebih praktis dan juga modern selain itu bisa menguatkan harga dipasaran.
         Sekarang kita beralih untuk menerapakan Value Innovation dalam usaha kita. Mari kita Lihat kira kira hal apa yang bisa berikan untuk mempunyai  nilai tambah dalam usaha kita. Kita analisa dengan baik , bagian yang manakah yang bisa kita berikan sentuhan nilai tambahnya apakah dalam produknya ataukah dalam pelayanannya. Dan perlu diingat lagi, Bahwa menambahlkan nilai tambah bukan berarti harus menambah beban beaya lagi, Semoga dengan bertambahnya wawasan kita tentang Value innovation bisa memberikan Nilai tambah yang bisa diterima oleh pasar. Salam entrepreneur.


Nayla Ipunk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar