Senin, 17 Maret 2014

JR 3 T100 " Resource Management "

Dalam pembelajaran T100 minggu ke 3 ini kita akan mengenal yaitu tentang strategi berbasis sumber daya. Pada dasarnya dalam memulai usaha yang baik adalah melihat dari segi passion. Passion ini adalah melihat dari apa yang kita punya dalam diri kita. Dari beberapa narasumber yang telah berhasil dalam pengembangan usahanya, dapat saya ambil kesimpulan bahwa , dalam memulai usaha yang baik adalah merintis usaha dengan skala kecil dan dengan kemampuan yang ada di dalam diri kita. Namun dalam memulai usaha biasanaya kita sering menghadapi kendala yaitu tentang masalah management adminstrasinya. Seringnkali kita melakukan keteledoran yaitu tentang pencampuran keuangan. Ini sering kali terjadi karena kurangnya pengetahuan kita tentang management. Untuk mencegah hal hal tersebut bagi pemula bisnis hendaklah melakukan pencacatan secara terperinci agar dapat membedakan antara usaha dan kebutuhan pribadi.
     
 Seperti yang dikemukakan oleh bapak Antonius Tanan, bahwa seorang entrepreneur meneroporng pasar dengan menggunakan panca inderanya. Bagaimana cara seorang entrepreneur menggunakan panca inderanya yaitu dengan mengamati pasar yaitu dengan cara mengamati, bertanya, berdiskusi dan menganalisa. mengapa demikian ? Dengan cara melakukan riset secara langsung kepada konsumen tentunya kita akan menemukan masalah dalam usaha yang akan kita kembangkan. Tentunya ini akan membawa kembali kepada peluang baru bagi kita.  
      Dalam memulai usaha baru terkadang kita akan merasa bimbang, dan selalu bertanya usaha apa yang akan kita lakukan. Jawabnya adalah pada diri kita. Ingat !!!... Mulailah usaha dari passion anda. Maksudnya demikian, jika kita ingin memulai usaha ini lihatlah apa yang ada diri kita kemudian siapakah orang orang yang kita kenal, Teori ini bisa kita sebut sebagai Teory efektuasi, Teori ini kita gunakan untuk menghadapi situasi yang tidak menentu pada setiap orang. Adapun kita akan mengenal beberapa prinsip dalam teori tersebut antara lain Bird in hand, Affordable lost, Crazy quilt, Lemonate dan juga pilot in the plane. Prinsip prinsip ini tentunya akan membantu kita dalam memulai sebuah usaha dan dalam pengembangannya.
          Semoga pembelajaran minggu ke tiga ini membawa pencerahan kepada kita calon calon entrepreneurs muda yang sukses. Terima kasih UCEO salam entrepreneurs


Nayla Ipunk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar