Selasa, 04 Februari 2014

JR 11 MER Batch 1 " Distribusi Ritel "

        
Dalam pengertian saluran distribusi ada beberapa pakar mengatakan bahwa saluran distribusi adalah lembaga lembaga distributor atau lembaga lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan atau menyampaikan barang atau jasa  dari produsen ke konsumen. pengertian ini disampaikan oleh Nitisemito ( 1993,p.102). Kemudian seorang pakar bernama Warren J. Keegan juga mengatakan bahwa pengertian  saluran distribusi menurut pengertiannya adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang ke produsen  sampai kekonsumen atau pemakai industri. dan masih ada beberapa pakar yang mempunyai pendapat atau pengertian saluran distribusi yang secara inti pengertiannya adalah sarana penyaluran barang dari produsen ke konsumen atau ke pemakai barang. disini juga ada beberapa faktor yang merupakan pentingnya sebuah saluran distribusi bagi perusahaan.

Faktor yang mendorong suatu perusahaan menggunakan distributor, adalah:
1. Para produsen atau perusahaan kecil dengan sumber keuangan terbatas tidak mampu
    mengembangkan organisasi penjualan langsung.
2. Para distributor nampaknya lebih efektif dalam penjualan partai besar karena skala
    operasi mereka dengan pengecer dan keahlian khususnya.
3. Para pengusaha pabrik yang cukup model lebih senang menggunakan dana mereka untuk
    ekspansi daripada untuk melakukan kegiatan promosi.
4. Pengecer yang menjual banyak sering lebih senang membeli macam-macam barang dari
    seorang grosir daripada membeli langsung dari masing-masing pabriknya.

Adapun fungsi-fungsi saluran distribusi adalah :
1. Information, yaitu mengumpulkan informasi penting tentang konsumen dan pesaing
    untuk merencanakan dan membantu pertukaran.
2. Promotion, yaitu pengembangan dan penyebaran komunikasi persuasif tentang produk
    yang ditawarkan.
3. Negotiation, yaitu mencoba untuk menyepakati harga dan syarat-syarat lain, sehingga
    memungkinkan perpindahan hak pemilikan.
4  Ordering, yaitu pihak distributor memesan barang kepada perusahaan.
5. Payment, yaitu pembeli membayar tagihan kepada penjual melalui bank atau lembaga keuangan lainnya.
6. Title, yaitu perpindahan kepemilikan barang dari suatu organisasi atau orang kepada
    organisasi / orang lain.
7. Physical Possesion, yaitu mengangkut dan menyimpan barang-barang dari bahan mentah
    hingga barang jadi dan akhirnya sampai ke konsumen akhir.
8. Financing, yaitu meminta dan memanfaatkan dana untuk biaya-biaya dalam pekerjaan
    saluran distribusi.
9. Risk Taking, yaitu menanggung resiko sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan
   saluran distribusi.
Selain dari itu kita juga akan mengenal yaitu macam macam saluran distribusi diantaranya adalah:
  • Produsen - Konsumen.
  • Produsen-Pengecer-Konsumen.
  • Produsen -Pedagang Besar-Pengecer-Konsumen.
  • Produsen-Agen-Pedagang Besar-Pengecer-Konsumen.

Selain dari pada itu kita juga akan mengenal yaitu tentang sistem pemasaran, diantaranya adalah
  • Sistem Pemasaran Vertical ( VMS) meliputi produsen,pedagang grosir,dan pengecer yang bertindak sebagai sistem terpadu. Dan sistem pemasaran vertikal ini dpt kita bedakan menjadi 2 yaitu VMS Korporat. Yang artinya menggabungkan tahap distribusi dan produksi suksetif dibawah satu kepemilikan. misalnya sebuah perusahaan mobil,mereka akan menjual mobilnya secara langsung dengan membuka showroom di berbagai mall. kemudian yang ke 2 adalah VMS Teradministrasi yng dimaksudkan adalah mengkoordinasi tahap produksi dan distribusi secara berturut melalui ukuran dan kekuatan salah satu anggota.
  • Sistem Pemasaran Horizontal (HMS)  dimana dua perusahaan atau lebih yang tidak berhubungan menyatukan sumber daya atau program untuk mengekploitasi peluang pemasaran yang muncul.Setiap perusahaan yang tidak memiliki modal,pengetahuan ,produksi atau sumber daya pemasaran untuk melakukan usaha sendiri atau takut terhadap resiko.
  • Mengintegrasikan Sisitem Pemasaran Mulitisaluran. Sisitem ini terjadi ketika sebuah perusahaan menggunakan dua atau lebih saluran pemasaran untuk menjangkau satu atau lebih segmen pelanggan. Sistem saluran terintegrasi adalah salah satu sistem dimana strategi sistem dan taktik penjualan melalui satu saluran mencerminkan strategi dan taktik penjualan melalui saluran lain. manfaatnya adalah untuk meningkatkan cakupan pasar dan penghematan beaya. dan dalam penjualan lebih banyak kepada keinginan pelanggan.
Semoga pembelajaran ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Salam Entrepreneurs.

Nayla Ipunk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar