Selasa, 21 Januari 2014

JR 10 MER Batch 1 " Penentuan Produk "

Dalam pembelajaran ini kita akan mengenal beberapa kategori produk, yaitu menurut bentuk fisik, Jasa, Orang,Ide, Tempat dan organisasi. Begitu pula produk bisa kita bedakan yaitu secara Fisik ( Tangible ) dan tidak berwujud ( Intangible).
          Selain itu kita juga harus mengenal perencanaan dalam pemasaran produk, Kemudian kita harus memikirkan tingkat produk diantaranya:
  • Tingkat dasar adalah " Core Benefit " yaitu manfaat dasar yang sesungguhnya dibeli pelanggan, ini dapat kita contohkan berupa produk seluler selain bisa untuk telpon bisa juga untuk SMS dan bisa digunakan untuk media Informasi atau lebih dikenal dikalanagn umum bisa untuk internetan.
  • Kemudian pemasara harus bisa merubah pokok utama menjadi " Generic product".
  • Pada tingkat ke tiga ini pemasar harus mempersiapkan produk yang diharapkan, atau bisa kita kenal yaitu " Expected Product " yaitu bisa suatu persyaratan yang disetujui oleh pembeli ketika membeli barang tersebut.
  • pada tingkatan berikutnya seorang pemasar juga harus mempersiapkan produk tambahan atau bisa disebut sebagai " Augmented Product ". yaitu bisa meliputi tambahan jasa atau manfaat yang bisa membedakan dengan toko pesaiang. Bisa kita contohkan seperti halnya layanan perbaikan atau garansi atau mungkin bisa berupa layanan antar barang,atau kemudahan dalam pembayaran.
  • Yang terakhir adalah produk potensial atau "Potential Product " yaitu semua tambahan dan juga perubahan yang mungkin didapat dimasa mendatang.
Selain itu seorang pemasar harus tau tentang klasifikasi produk, dalam pengertiannya produk ini bisa kita klasifikasikan sebagai barang yang habis pakai, barang yang tahan lama dan juga produk jasa atau kegiatan. Sedangkan klasifikasi produk menurut kebiasaan berbelanja bisa kita bedakan yaitu
  • Convenience goods : yaitu barang yang mudah dipakai dan bisa dibeli dimana kita berada. Jadi produk ini bisa berupa sabun, makanan ringan , aneka minuman dan lain sebagainya.
  • Shopping goods : barang semacam ini adalah barang yang karakteristik dan dlm pembeliannya selalu mempertimbangkan mutu , harga, model contohnya yaitu pakaian, perabot elektronik, furniture dan lain sebagainya.
  • Specialty Goods : Barang banrang ini mempunyai karakteristik unik dan atau indetik ke barang banrang kemewahan, seperti mobil, perhiasan dll.
  • Unsought Goods : Barang barang adalah barang yang tidak diketahui atau tidak dipikirkan oleh pembeli sewaktu waktu, misalnya peti mati , batu nisan .
Beberapa kartakteristik tertentu barang bisa kita golongkan menurut pengaruh psikologi, barng tersebut bisa kita golongkan menjadi 6 golongan yaitu;
  • Barng Fungsional atau barang yang tidak mempunyai artikultural tertentu misalnya buah buahan sayuran dan juga beras.
  • Barang Prestise atau barang yang mempunyai arti kedudukan atau kemegahan tertentu, barang ini berupa barang mewah misalnya Mercedes , jam tangan Rolex  dll.
  • Barang Status yaitu barang yang memiliki sifat atau status tertentu pada pemiliknya, barang ini bisa berupa Jaket almamater, Kaos team jadi barang ini merupakan sifat keanggotaan.
  • Barang untuk orang Dewasa, barang ini menunjukakan bahwa pemiliknya adalah orang yang sudah dewasa misalnya kosmetik dan rokok.
  • Barang Hedonis barang ini dibeli karena barang ini dapat mempengaruhi para pembeli secara langsung, misalnya masakan yang berbau enak , Kopi yang harum jadi bisa mengundang selera bagi para konsumennya.
  • Barang Anxlety barang ini bisa mengurangi ataumenghilangkan kegelisahan seseorang  karena orang lain tidak menyukainya misalanya parfum dan deodoran.

Begitu pula kita akan mulai mengenal pentingnya sebuah merek pada produk, karena dengan menggunakan merek pada produk kita akan membantu dalam periklanan tentang produk yang kita pasarkan. Selain itu akan mempermudah pengawasan produk kita dalam pasar, apakah produk yang kita ciptakan ini mengalami permintaan yang tinggi atau pun mengalami kecacatan dalam penyediaan barang. Selain itu dengan kita menggunakan merek kita akan bisa menjaga kestabilan harga produk kita dan bahkan kita bisa menekan harga premium. Dengan demikian perbandingan harga dengan produk lain ini akan terjaga. Selain dari pada itu pemberian merek pada produk yang kita pasarakan tentunya akan mempermudah para konsumen untuk mengenali produk kita. Ini sangat berpengaruh sekali dalam permintaan pasar yang tinggi. Ada pula manfaat lain dari pembuatan merek ini adalah melindungi  praktek praktek penipuan barang di pasar. Mari kita belajar mengenali produk yang akan kita pasarkan, agar pertumbuhan bisnis kita dapat meningkat dengan sehat dan selalu tumbuh. Salam entrepreneurs.



Nayla Yunia

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar