Jumat, 10 Januari 2014

JR 8 MER Batch 1 " Management Hubungan Pelanggan "

Dalam bab ini,saya mulai mengenal yaitu tentang manajemen hubungan pelanggan. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam menarik perhatian pelanggan, Mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan bagaimana menumbuhkan pelanggan. Dalam menciptakan hubungan dengan pelanggan yang baik adalah dengan menciptakan nilai dan kepuasan kepada pelanggan yang lebih unggul dan berkualitas tentunya. Pelanggan yang puas dengan layanan kita baik dari produk dan juga layanan yang baik cenderung akan membuat kesetiaan pelanggan akan semakin banyak dan kita akan semakin banyak menumbuhkan pelanggan yang setia kepada kita.
          Keunggulan produk yang kita tawarkan akan membuat pelanggan menjadi lebih bernilai. Dan tentunya ini akan menumbuh kembangkan bisnis kita semakin luas.Dengan cara memahami harapan pelanggan adalah cara yang sangat jitu untuk mengikat loyalitas nya kepada produk yang kita tawarkan kepada pelanggan.
Adapun faktor faktor yang sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan diantara adalah
  • Kualitas produk.
  • Harga.
  • Service Quality.
  • Kemudahan.
  • Emosional Faktor.
Kemudian kita akan mengenal tentang CRM ( Customer Relationship Management ).CRM ini bertujuan untuk mengenali customer kita secara detail dan juga melayani mereka sesuai dengan kebutuhannya. Secara umum kita dapat mengenal tentang aktivitas utama dalam konsep CRM ini adalah :
  • Membangun data base yang kuat
  • Membuat profit dari setiap pelanggan.
  • Analisa profitablelitas dari masing masing pelanggan.
  • Interakasi dengan pelanggan yang Targeted dan Customized.
Dengan  strategi memperbanyak pembeli saja tidak cukup, kita perlu strategi agar pembeli tersebut menjadi pelanggan yang dengan kata lain perlu ada strategi yang dilakukan untuk menciptakan loyalitas konsumen. Berikut ini beberapa strategi praktis yang bisa dilakukan pebisnis untuk membangun loyalitas konsumen
  • Produk yang berkualitas
  • Layanan yang berkualitas
  • Memiliki kelebihan dibanding dengan pesaing
  • Innovasi berkelanjutan
  • Ciptakan Varian Baru
  • Program promosi
  • Point Reward
  • Program membercard
Sebagai pembisnis kita wajib melakukan program program yang dapat mempertahankan loyalitas pelanggan secara berkelanjutan. Karena dengan strategi yang tepat akan sangat bermanfaat sekali untuk bisnis kita dimasa mendatang. Semoga bermanfaat, salam entrepreneurs

Nayla Yunia




      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar