Kamis, 09 Januari 2014

JR 9 MER Bacth 1 " Penentuan Harga "

Saat ini kita mulai mengenal yaitu tentang cara cara untuk menentukan harga barang dalam produk kita. Dari beberapa pengalaman yang telah saya dapatkan, Harga barang ini sangat mempeengaruhi sekali dalam permintaan suply barang dan juga mempengaruhi pendapatan atau profit dalam perusahaan. Dengan demikian sebuah perusahaan harus membuat innovasi dalam penentuan harga barang sehingga dapat menarik keinginan pembeli dan tentunya akan meningkatkan jumlah permintaan barang.
         Bagi seorang pemula bisnis tentunya akan sangat memperhatikan sekali dalam menentukan harga di pasaran. Karena penentuan harga harus disesuaikan dengan target yang kita inginkan. Ada beberapa hal yang telah saya cermati misalnya dalam penentuan harga diskon atau harga obral, dalam sebuah toko ritel yang sering saya dapati mereka selalu menggunakan akhiran angka 9. Tentunya ini sangat menarik sekali untuk meningkatkan penjualan. Karena biasanya konsumen tidak memperhatikan nominal yang sesungguhnya dengan angka yang berakhiran 9 tentunya dinilai murah. Ada lagi innovasi yang saya lihat yaitu dengan menetukan harga dengan akhiran 0 dan 5 , ini juga sangat menarik sekali dalam penentuan harga , karena angka ini sangat mudah diingat oleh para konsumen.
      
Kemudian kita akan mengenal lagi yaitu tentang asumsi harga Kualitas, Ini terjadi pada barang barang yang mempunyai ego yang tinggi atau bisa namakan dengan barang Mewah, hal ini terjadi pada produk produk tertentu misalnya produk parfum, pakaian merek ternama di dunia, Jam tangan yang kualiatas international  , Mobil mewah dan masih banyak lagi contoh contoh yang tentunya bisa menentukan harga premium. Biasanya konsumen kelas atas  menilai semakin tinggi harga semakin tinggi juga kualitas produk dan juga ego nya bagi konsumen.
         Dalam setiap perusahaan tentunya mengalami perang harga baik dari perusahaan pesaing maupun dari perusahaannya sediri. Karena  dengan maraknya pasar dunia yang semakin ramai dan persaingan semakin banyak. Maka perusahaan selalu membuat terobosan baru dengan mengeluaran produk dengan innovasi yang berbeda , sehingga perusahaan akan melakukan kanibalisme produk. strategi ini bertujuan untuk mempertahankan kualitas produknya untuk menyaingi produk yang serupa. Misalnya dalam produk handphone yang saat ini sangat marak dimata dunia baik dari kalangan kelas atas maupun kelas menengah dan bahakan kelas bawah,mereka mengenal berbagai brand handphone yang kualitasnya juga sangat bagus di pasaran. Dengan demikain banyak perusahaan yang berusaha mempertahankan Brandnya dengan mengeluarkan produk dengan tingkat yang berbeda .Dalam satu brand mereka bisa mengeluarkan beberapa innovasi Seperti halnya produk Samsung , saat ini samsung telah mengeluarkan beberapa produk tapi dalam penjualan di pasar mereka mempunyai harga yang berbeda, innovasi yang dikeluarkan produk Samsung saat ini seperti Galaxy S, Samsung Note, Galaxy Tab. Dari sini kita bisa lihat dari satu brand yang sama mereka mengeluarkan berbagai innovasi untuk memenangkan pasaran, tentunya ini dengan persaingan harga yang sangat tinggi pula. banyak sekali yang bisa kita pelajari dari trategi penentuan harga barang . walaupun dalam satu brand yang sama tetapi dengan Innovasi yang berbeda, tentunya ini sangat bagus sekali dalam menghadapi perang harga dalam persaingan bisnis. Agar menjadi pesaing yang hadal di pasar global janganlah berhenti untuk berinnovasi.
          Mari kita belajar mengamati persaingan harga dalam dunia bisnis agar dapat mempertahankan kualitas produk dan loyalitas pelanggan kepada produk kita. Salam entrepreneurs.


Nayla Yunia
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar