Jumat, 01 November 2013

JR 6 MER Batch 1 " Penentuan Lokasi Ritel "

Suatu gambaran bisnis yang sangat ideal jika melihat sebuah lokasi bisnis yang sangat megah di pusat  kota yang sangat ramai. Surabaya adalah kota yang terletak di kawasan Jawa Timur. Kota yang megah dan merupakan daerah ibu kota. Beraneka ragam budaya dan juga juga kerajinan yang unik dan menarik bisa kita temukan ditempat itu. Banyak pertumbuhan bisnis yang sangat maju pesat. Dengan mengamati beberapa perkembangan bisnis ritel yang ada, saya sangat tertarik sekali dengan kemegahan gedung gedung yang menjulang tinggi dengan kalangan penduduk menengah keatas. Tentunya ini dapat pemacu tumbuh kembangnya bisnis ritel dalam  wilayah itu.

         Galaxy Mall, adalah salah satu pusat perbelanjaan di daerah Surabaya yang menjadi icon dalam shopping center di wilayah Jawa timur. Melihat dari segi bangunan dan para pengunjung yang datang di pusat perbelanjaan tersebut adalah konsumen yang berselera tinggi dan elite. Maka banyak sekali peritel kelas dunia mulai bersaing dalam memasarkan produknya. Mulai dari pemasan barang dan juga jasa yang berstandart international.
         Tak kalah juga Produk dalam negri yang bersaing dalam memasarkan produknya. Ini sangat menggugah jiwa Entrepreneurs saya untuk ikut bersaing dalam pemasaran produk yang tak kalah hebatnya dengan produk import. Jika aku ingin membuka sebuah outlet di kawasan Mall tersebut, saya sangat tertarik sekali untuk membuka sebuah department store yang memasarkan produk Import dan juga produk dalam negri yang berstandart. Tentunya kualitaslah yang menjadi raja dalam setiap produk. Dalam persaingan bisnis dunia ,hal yang tak bisa kita tinggalkan adalah ' Kreatifitas dan juga Innovasi ". sebagai seorang entrepreneur yang berdaya saing kita harus mampu melihat apa yang sedang berkembang di pasaran  dan juga barang apa yang sedang diminati oleh pelanggan.
         Begitu juga kita harus bisa menentukan segmen dan juga target pasar yang yang akan kita tentukan nantinya. Misalnya kita akan membuka department store itu siapakah segmen pasar kita, apakah itu anak anak, orang dewasa, orang tua ataukah semuanya. Begitu pula barang apakah yang akan kita pasarkan, jadi dengan melakukan riset ini tentunya kita akan jauh lebih mudah dalam pengembangan bisnisnya. Untuk mempelajari lingkungan bisnis kita juga harus melakukan riset yaitu siapakah yang berkunjung, apakah mereka dari kalangan menengah ke bawah ataukah dari kalangan menengah ke atas. Melihat fenomena yang ada, Galaxy mall ini sebagian besar dari para pengunjungnya adalah kalangan menengah ke atas. Nahh... dengan demikian kita tau barang yang berkualitas dan Branded lah yang selalu menjadi incaran para konsumen. Jadi untuk menentukan barang yang akan kita jual ini tentunya harus menyesuaikan dengan pesaing yang ada dalam pasar tersaebut.
         Untuk memasarkan produk yang berstandart international ini tentunya juga harus menjadi perhatian yaitu tentang lokasi. Karena lokasi ini akan sangat mempengaruhi dalam penjualan produk. Jarang sekali Produk ternama di jual di outlet yang kurang dimendukung standardisasinya. Karena akan mempengaruhi  tentang kepercayaan  kualitasnya.
        Dapat kita pelajari dari perilaku konsumen terhadap barang yang kita pasarakan yaitu kedetailan seorang konsumen dalam memilih barang. Konsumen tingkat atas sanagt jauh berbeda dalam menentukan produk yang akan mereka beli. Maka dari itu dengan memilih tempat yang sangat bagus dalam pemasaran, maka akan kita menentukan kualitas  yang bagaimanakah yang bisa bersaing dalam pasar.
         Semoga analisa ini dapat memberikan gambaran tentang pemilihan lokasi dalam bisnis anda, salam entrepreneur.

Nayla Yunia
        
        
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar