Selasa, 19 Maret 2013

Market Observations

              Observasi pasar adalah sebuah penelitian yang ditunjukan untuk melihat suatu perkembangan pasar melalui sebuah peninjauan secara menyeluruh baik dalam pengadaan barang  maupun pelayanan. Disini  saya akan memaparkan sebuah fenomena strategi pemasaran yang telah saya amati sebelumnya. Saya adalah seorang karyawan dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan perkreditan barang di Hongkong.Disini terdapat sebuah rival bisnis yang bergerak dalam bidang yang sama. Tapi disini saya menemukan beberapa perbedaan Antara perusahaan tempat saya bekerja dan rival bisnis diperusahaan kami.Salah satu perbedaan yang saya temukan adalah cara Pemasaran produk dan juga jasa layanan yang ada.

              Dalam perusahaan tempat saya bekerja sangat dibutuhkan seorang tenaga sales marketing dalam pemasaran produk karna untuk mencapi target yang telah ditentukan dalam perusahaan kami. Maka dari itu setiap dalam pencapaian target perusahaan kami bisa dibilang lebih unggul. Dan tentang pelayanan jasa dalam perusahaan kami sebenarnya cukup baik hanya saja kami hanya bisa melayani di sebuah wilayah yang tertentu seperti halnya pulau Jawa dan Lampung. perusahaan kami tidak melayani pengiriman jarak jauh misalnya kepulau Bali Ataupun kepulauan Sumatra secara menyeluruh. Maka dari itu setiap pencapaian target perusahaan kami selalu melampaui dan selalu mendapatkan sebuah bonus bagi para karyawan yang bisa memasarkan produk secara baik dan lebih unggul dari pada sales marketing yang lain. Disitulah letak penyemangat bagi para karyawan untuk mencapai target pemasaran.
              Pengamatan saya yang selanjutnya yaitu rival bisnis dalam perusahaan kami adalah sistem marketing  dalam pemasaran produk. rival bisnis kami tidak pernah menggunakan jasa dari tenaga sales marketing. Mereka mengacu pada kemampuan staff dalam perusahaan tersebut. Dan juga mereka mengadakan pengiriman jasa jarak jauh seperti kekepulauan terpencil seperti Lombok,NTT,NTB dan hampir diseluruh kepulauan Sumatra.Diperusahaan rival kami tidak melayani gratis ongkos kirim karna kendala jarak tempuh dalam pengiriman barang. Dan dalam persaingan tersebut antara perusahaan tempat kami bekerja dan rival bisnis kami adalah pemberian bonus dan discount .
Kalau di perusahaan kami mengacu pada discount pembelian dan jasa pengiriman. Disini saya terangkan apalabila pengambilan produk lebih dari $10.000 kami akn memberikan layanan gratis ongkos kirim. Jadi banyak para konsumen kami tertarik dengan penawaran tersebut, disitulah sebuah fenomena dalam perkembangan bisnis yang telah saya amati.

            Semoga artikel yang saya tulis ini menjadi sebuah gambaran dalam pembelajaran bisnis yang kita pelajari saat ini. Karna menurut pengamatan saya Observasi market itu memang harus benar-benar kita amati secara jeli dan teliti sehingga kita dapat melihat perkembangan yang ada dan yang perlu di tingkatkan.


                                                                                   Salam Enterprenuer

                              Nayla Ipunk
 

 
                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar