Senin, 01 Juli 2013

JR 6 " CASH FLOW "

          Cash Flow adalah aliran arus kas yang ada di perusahaan ataupun dalam rumah tangga dalam suatu periode tertentu. Cash flow mengggambarkan berupa uang yang masuk ke perusahaan dan jenis jenis pemasukan uang tersebut. Dan Cash flow juga menggambarkan berapa uang yang keluar serta jenis jenis beaya yang dikeluarkan.
           Dalam hal ini semua data pendapatan dan beaya merupakan perkiraan berapa pendapatan yang akanditerima dan beaya yang akan di keluarkan baik jenis, maupaun jumlah estimasi sedemikian rupa, sehingga menggambarkan kondisi pemasukan dan pengeluaran dimas mendatang.
          Estimasi pendapatan dan beaya merupakan perkiraan berapa yang akan diterima dan beaya yang akan dikeluarkan dalam suatu periode. Kemudian jenis jenis pendapatan dan biaya apa saja yang dikeluarakan serta berapa besar pendapatan yang di peroleh dan biaya yang akan dikeluarkan setiapa pos. pada akhirnya cash flow akan terlihat di kas akhir yang akan diterima oleh perusahaan.
          Penerapan cash flow ini bisa kita terapkan juga nanti pada usaha yang akan kita jalankan nantinya sebagai neraca perkembangan maju mundurnya usaha kita nantinya. Dalam hal ini biasanya kita akan membuat suatu rencana perbelanjaan atau juga rencana pengeluaran apa saja yang bisa membuat usaha kita berkembang. Pencatatan dalam perbelanjaan perlu kita waspadai seperti halnya modal dapat berputar atau hanya sebagi barang inventaris. Maka dari itu sebagai pemula bisnis ini nantinya kita akan selalu mengontrol sedemikian rupa, dikarenakan jika aliran kas ini tidak tepat guna maka akn menghambat suatu usaha. Dalam hal ini perlu lagi kita waspadai lagi yaitu antara kebutuhan pribadi dan juga kebutuhan usaha ini harus secara terpisah. Karena jika kita bisa mengontrol dan tidak bisa menghandle secatra ketat kita akn mengalami kekacauan tentang aliran kas yang ada.
        Bagi seorang pemula hendaknya perlu di waspadai yaitu pengeluaran kekuangan yang sifatnya berlebihan. Misalnya dalm penggunaan listrik dan penggunaan air.  Jika kita akn bisa menghemat juga akan mengurangi beaya tagihan kita. Dan juga jangan lah kita menyediakan stoik barang yang berlebihan yang akan mengganggu aliran kas kita kurang lancar. Misalnya jika menyediakan stok barang yang dalam kisaran jualannya hanya sedikit ini tidak perlu kita menyimpan terlalu banyak. Jadi demikian pengetahuan saya tentang aliran kas yang mana harus kita waspadai sebagai seorang pemula bisnis.


                                                                               Salam Entrepreneur

                                                                                   Nayla Ipunk
         
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar