Kamis, 04 Juli 2013

JR 7 " Penyediaan Barang "

       Persediaan barang adalah maslah yang cukup krusial dalam operasional manajemen ritel, karena terkait erat dengan pengelolaan barang dagangan ( Merchandising ). Bagaimanapun bagusnya barang yang dipajang di toko, Jika pelanggan tidak bisa menemukan barang yang mereka butuhkan karena kehabisan persediaan maka citra toko tersebut akan jatuh. Kondisi ketidak tersediaan barang dagangan pada sebuah ritel ini menandakan ketidakmampuan peritel untuk mengelola stok atau persediaan barang  dagangannya. dan juga menunjukkan pula ketidak profesionalalan seorang peritel dalam kinerja yang baik. Fungsi pokok dalam pengaturan manajemen persediaan barang adalah memastikan bahwa toko anda mempunyai produk produk yang tepat ditempat yang tepat. Terdapat empat alasan mengapa manajemen persediaan barang itu penting.
 


     Dengan memeliki dan meletakan syock produk yang tepat, anda dapat memaksimalakan kepuasan para pelanggan. setiap produk harus siap stock.jadi jika aenjualan yang tinggi maka kita tidak kebhabisan stock.
  • mengatur persediaan, membantu menjaga kualitatif dan keseluruhan produk. Tujuannya adalah satu produk berjalan cepat.( biasanuyya barang Fast moving ).
  • Manajemen persediaan barang membantu toko untuk mencapai tingkat kemungkina perputaran penjualan yang paling tinggi.
  • Tidak memiliki produk yang tepat pada persediaan akan menimbulkan biaya pada beberapa aspek. 1. Menghabiskan banyak tempat yang berharga di ruang belakang.
                     2. Berhubungan langsung dengan persediaan yang tak terpakai.
                     3. Semakin lama produk lama digudang mengakibatkan produk rusak dan kadaluarsa.
                     4. Mempengaruhi aliran kas.
Penting bagi peritel untuk menjaga tersediannya barang dagangan. seharusnya kondisi kehabisan barang persediaan ini perlu di waspai dan perlu dihindari oleh peritel. Bagi seorang pengusaha baru atau pemula usaha parlu sekali memperhatikan tetang penyediaan stok yang berlebihan karena ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap arua kas yang ada. Maka dari itu perlu kita cermati manakah barang yang perputarannta cepat dan juga yang perputarannya lambat. Sehingga tidak mengganggu kita dalam problem financial. Demikian tentang penjelasan singkat dari saya mengenai Penyediaan barang dagangan yang bisa mengurasi resiko kerugian atau keterlambatan dalam perpuran arus kas yang ada.

                                                                                  Salam Entreprenuers

                                                                                       Nayla Ipunk



Tidak ada komentar:

Posting Komentar