Minggu, 07 Juli 2013

JR 8 " Pemasaran "

              Pemasaran  secara mudahnya  adalah kegiatan memasarkan barang atau jasa umunnya kepada masyarakat, dan khususnya pada pembeli potensial. Pemasaran dikembangkan  sebagai suatu pola yang tertata dalam sistem yang sering kali disebut sebagai ilmu. Dan juga dikembangkan dengan cara masing masing.

Dalam suatu teori tentang pemasaran kita akan mengenal yaitu tentang " Strategi Pemasaran ". Dalam strategi ini kita akan mengenal 3 hal yang sangat penting diantaranya adalah
  1. Segmentation atau segmenting, Adalah proses pembagian populasi masyarakat kedalam beberapa segmen yang memiliki kesamaan karakteristik seperti usia,pendidikan dan juga pendapatan seseorang
  2. Targeting, adalah pemilihan segmen yang akan anda jadikan target penjualan.
  3. Positioning, adalah citra ( Image) produk yang akan anda tanamkan dalam pikiran pelanggan yang mana image tersebut belum pernah digunakan oleh penjual lain. dan juga positioning juga berbicara tentang produk anda nantinya dikenal oleh pelanggan, apakh sebagi produk yang mahal atau yang murah, biasa atau yang mewah.Dll.
Ada beberapa hal yang sngat menarik dalam pembelajaran saya yang saya dapatkan sewaktu saya mengikuti kuliah Online bersama para dosen saya. Yaitu tentang Strategi untuk mengalahkan seorang " Market leader " . Ini membuat saya sangat terinspirasi bagaimana seorang entrepreneur untuk membuat suatu persaingan yang sangat unguul dimata dunia. Ada beberapa ga,mbaran yang dapat saya ambil yaitu, Jika kita ingin menjadi petinju kelas dunia berarti kita harus melain juara tinju kelas dunia. Ada lagi yang dicontohkan oleh Beliau yaitu dalam Strategi peperangan penjajahan belanda terhadap Indonesia pada jaman dahulu, Pada kala itu INdonesia belum mempunyai senjata yang canggih dan juga peraltan yang serba modern, Tapi kenapa bangsa kita bisa mendeka, Itu karena ditentukan oleh strategi. Pada kala itu Jendral Suedirman adalah salah satu pahl;awan yang mempunyai strategi peperangan yang sangat luar biasa. Yaitu dengan menemukan strategi " Perang Gerilya ". Disini saya bisa mengambil kesimpulan bawasannya untuk mengalahkan seorang Market Leader adalah dengan cara menguasai kawasan yang terkecil hingga akhirnya semua telah berpihak kepada kita sehingga akn menepung suatu pemimpin pasar yang akan menjadi pesaing kita. Dengan demikian Untuk melawan pesaing bisnis kita harus mempunyai strategi yang mana untukmengadakan perlawanan ini dengan perhitungan yang sangat matang.
Ada pula pelajaran yang dapart saya petik lagi yaitu tentang persaingan dalam pemasaran yaitu dengan mengadakan "Takutiruko ". Banyak berbagai hal yang bisa kita terapkan dalam pelajaran  persaingan dalam pasar. Jadi pada kesimpulannya dari pembelajaran yang beliau ajarkan pada saya, Yaitu dalam pemasaran yang perlu kita tentukan adalah strategi dalam menghadapi persaingan yang ada. Semoga semua pengetahuan yang saya dapatkan dalm pembelajaran ini dapat mengantarkan saya menjadi seorang entreprenuer sejati.

                                                                                 Salam Entrepreneurs

                                                                                   Nayla ipunk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar